Senin, 18 Juli 2011

Stop Makan Mie, Ayo Hidup Sehat!


Sobat remaja muslim, tahukah kamu kalo makan mie instant itu bisa berbahaya bagi tubuh? Nah, ini terutama bagi mereka yang tinggal di kost-an atau jauh dari orang tua. Atau bisa juga tinggal dengan orang tua, tapi sering tak menghargai masakan ibu. Jadilah larinya ke masak mie instant sebagai solusi makan sehari-hari. Hayoo….ngaku aja deh (bukan nuduh ya hanyak fakta hehehe).

Usut punya usut ternyata dalam kandungan mie instant itu ada bahan sejenis lilin untuk melapisi mie. Makanya mie tersebut gak lengket satu sama lain ketika dimasak karena ada bahan jenis ini. Ini dari segi mie. Dari segi bumbunya, ada bahan MSG yang bila dikonsumsi terus menerus bisa mengakibatkan penyakit kanker. Bahan pengawet dan penajam rasa tertentu semisal soto ayam, gulai, kare, dll juga tidak bagus bagi tubuh kita. Trus, gimana donk? Masa iya, kita gak boleh makan mie seumur hidup.

Begini, makan mie sih boleh saja asal jangan tiap hari. Karena kandungan lilinnya tadi, usus kita perlu waktu untuk membersihkannya. Batas waktu pembersihan itu kurang lebihnya selama seminggu alias 7 hari. Kalau kita makan mie instant tersebut tiap hari, itu sama saja dengan memberi kerja ekstra bagi usus untuk mengolah sampah liat. Dan ini adalah pemicu kanker yang cukup aktif bila dilakukan secara terus menerus.

makan mie sih boleh saja asal jangan tiap hari. Karena kandungan lilinnya tadi, usus kita perlu waktu untuk membersihkannya. Batas waktu pembersihan itu kurang lebihnya selama seminggu alias 7 hari

Cara mengolahnya pun harus diperhatikan. Untuk mengurangi efek lilin tersebut dalam usus, sebaiknya mie dicuci dulu dengan air panas sebelum dimasak. Jadi pada fase pertama, buang dulu air panas yang gunanya untuk membersihkan lilin dalam mie tersebut. Kemudian baru deh mie dimasak dengan matang, jangan Cuma setengah matang. Kalo bisa, bumbunya pun mending memakai yang alami yaitu bawan putih dan bawang merah serta garam dan cabe sendiri. Ribet? Pasti, tapi juga jauh lebih sehat loh.



Di bulan Ramadhan ini, tubuh kita melakukan pembersihan yang intens dengan puasa. Racun dan toksin dibersihkan dari dalam tubuh. Jangan kamu kacaukan proses bersih-bersih ini dengan hadirnya sampah baru dari kandungan mie instant. Tubuh yang siangnya puasa, malamnya jangan disuruh kerja paksa. Seharusnya tubuh mendapatkan haknya untuk mendapat asupan makanan yang bergizi.

Sayur-sayuran dan buah serta nasi jauh lebih oke daripada mie instant, baik buat buka puasa maupun sahur. Jadi, masakan apa pun yang dimasak oleh ibu di rumah, jauh lebih baik dan sehat daripada makanan instant apa pun itu termasuk mie. Harusnya kamu bersyukur tuh, ibu masih mau masak buat kamu dan keluarga. Jangan sakiti hatinya dengan menolak menu yang disediakannya dengan alasan bosan dan kehilangan selera. Udah dosa menyakiti hati orang tua, kamu bisa-bisa kena batunya dengan mendapat penyakit karena makanan tak sehat ini.

Jadi, meskipun remaja, kamu kudu tahu juga jenis makanan apa saja yang baik atau tak baik bagi tubuh. Masa depan kamu masih panjang untuk sekedar memanjakan lidah tapi berisiko bagi kesehatan tubuh kamu. Ingat, muslim yang kuat dan sehat lebih dicintai Allah daripada muslim yang lemah dan sakit-sakitan. So, ayo hidup sehat mulai sekarang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar